Senin, 10 Oktober 2011

Tingkatkan Edukasi, Citi Indonesia Sempurnakan Program “Uang Anda”

Thursday, November 18th, 2010

oleh : Eva Martha Rahayu


Masyarakat Indonesia masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip-prinsip keuangan yang baik. Hal ini menunjukkan masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap manajemen keuangan. Publik umumnya mengeluhkan kompleksnya persoalan finansial dan kesulitan dalam memahami istilah-istilah keuangan sebagai tantangan.
Contoh, kebiasaan menyisihkan porsi yang tetap untuk tabungan hari tua, belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Padahal, bayangan uang dan angka tidak seharusnya menjadi momok. Apabila disajikan dalam format sederhana dan bahasa sehari-hari yang mudah dicerna, urusan finansial pun menjadi mudah dipahami dan praktis diimplementasikan.
Citi Indonesia percaya bahwa setiap individu dapat memperoleh manfaat optimal dari perencanaan keuangan yang bijak. Untuk itu, melalui Citi Peka, bank asing ini menghadirkan beragam inisiatif pendidikan keuangan bagi semua lapisan masyarakat, yaitu acara “Uang Anda” di televisi.
Dengan format siaran televisi, program “Uang Anda” disajikan dalam bentuk tips dan saran singkat yang mudah dimengerti dan diaplikasikan, sehingga tayangan ini jauh dari rumit dan membosankan,” ujar Shariq Mukhtar, Citi Country Officer for Indonesia.
Menurut Shariq, Citi Indonesia berkomitmen tinggi dan berusaha terus menerus meningkatkan edukasi keuangan secara menyeluruh bagi rakyat Indonesia. Program ini pertama kali diluncurkan tahun 2007 dan setelah mengudara selama 4 tahun program ini terbukti relevan dengan kebutuhan masyarakat dengan 71% pemirsa loyal.
Diakui Shariq, program Uang Anda juga telah memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Tahun 2009, sebanyak 3 juta orang menyaksikan program Uang Anda. Citi Indonesia meneruskan kesuksesan ini dengan mengembangkan acara ke dalam format lebih besar. Sejumlah penyempurnaan lain juga dilakukan agar program ini dapat terus menjawab kebutuhan masyarakat.
Tahun ini, “Uang Anda” akan disiarkan di TVRI dan hadir dalam 34 episode, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Keputusan pemindahan ini didasari keinginan Citi untuk membawa program ke khalayak atau pemirsa lebih luas lagi.
1
Tidak hanya memilih stasiun televisi dengan jangkauan luas dan juga menambah jumlah episode yang akan disiarkan, Citi juga meningkatkan durasi episodenya menjadi 15 menit, lebih panjang dari durasi sebelumnya yang hanya 5 menit. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencakup lebih banyak topik keuangan untuk membantu pemirsa. Pembahasan yang akan disajikan, antara lain, tentang mengatur dana pendidikan anak, memilih investasi, merancang tabungan bersama dan masih banyak lagi.
Di tengah-tengah perubahan ini, program “Uang Anda” tetap mempertahankan gaya penyajian khasnya yang disukai pemirsa, yakni dialog interaktif dengan bahasa sederhana. Penonton juga dapat mengirimkan pertanyaan seputar keuangan kepada tim ‘Uang Anda’ melalui info@uanganda.or.id untuk dibahas pada episode selanjutnya. Program “Uang Anda” akan dibawakan oleh host Rina Dewi Lina yang memiliki sertifikasi Certified Financial Planner dan berpengalaman di bidang perencanaan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar